Minggu, 27 Mei 2012

PENYAKIT JANTUNG KORONER

Definisi
Penyakit jantung koroner (PJK) sebagai salah satu bentuk dari penyakit jantung dan pembuluh darah, merupakan penyakit yang melibatkan gangguan pembuluh darah koroner, pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan zat makanan pada  jantung. Kelainan dapat berupa penyempitan pembuluh koroner yang disebabkan karena atherosclerosis. Athesklosklerosis terjadi akibat penimbunan kolesterol, lemak, kalsium, sel-sel radang, dan material pembekuan darah (fibrin). Timbunan ini disebut dengan plak. Terdapat dua macam plak yaitu plak stabil dan plak tidak stabil (vulnerable, rapuh)


Epidemiologi
Menurut data WHO, sebanyak 17 juta orang meninggal setiap tahun oleh karena penyakit jantung dan pembuluh darah di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, sebanyak 79 orang menderita penyakit jantung dan pembuluh darah. Sekitar  2400 orang meninggal setiap hari karena penyakit ini.

Faktor risiko
Semakin banyak seseorang mempunyai faktor risiko, semakin tinggi risiko ia akan mengalami penyakit jantung jantung koroner. Sebagian faktor risiko dapat dimodifikasi dan diobati sebagian lagi tidak. Pengontrolan faktor risiko baik dengan modifikasi gaya hidup maupun dengan obat-obatan, maka risiko terkena penyakit jantung koroner dapat diturunkan.

Faktor-faktor risiko tersebut adalah:
Hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kadar kolesterol darah
Kencing manis (diabetes melitus)
Overweight dan obesitas
Kebiasaan merokok
Inaktivitas fisik
Jenis Kelamin
Herediter
Usia
Stress
Hormon seks
Obat KB
alkohol
Gejala dan tanda
Proses terjadinya atheroskloris dapatg sejak masa kanak-kanak, dapat dapat berlangsung bertahun-tahun tanpa ada gejala. Kadang-kadang gejala timbaul saat usia 30-an.  Banyak juga gejala baru timbul saat usia 50-60 tahun. Jika sumbatan makin bertambah besar, maka aliran darah yang menuju jantung makin berkurang sehingga menyebabkan apa yang dikenal dengan istilah angina pektoris atau nyeri dada. Angina ini timbul karena ketidakseimbangan antara kebutuhan otot jantung akan dan oksigen dan suplai darah oleh pembuluh koroner. Kebutuhan lebih besar dari suplai.
Nyeri dada kiri. Nyeri seperti ditekan benda berat, dada terasa penuh, dada seperti terbakar. Nyeri ini dapat menjalar ke lengan kiri, punggung, leher (seperti tercekik), dan rahang.
Nyeri ulu hati
Keringat dingin
Pusing
Pingsan
Mual/muntah
Palpitasi (Berdebar)
Perasaan takut
Diagnosis penyakit jantung koroner
Anamnesis
Pemeriksaan Fisik
Elektrokardiografi (EKG)
Laboratorium
Foto rontgen dada
Ekokardiografi
Tes Treadmill
Angiografi Koroner
Penatalaksanaan
Modifikasi gaya hidup
Diet tinggi serat, rendah kolesterol/lemak, rendah garam
Turunkan berat badan menjadi normal
Stop rokok/alkohol
Olahraga teratur

Pengobatan
Medikamentosa (obat-obatan)
Percutaneous Coronary Intervention (PCI)
Percutaneous transluminal coronary angioplasty (PTCA)
Stenting
Bedah pintas koroner (Coronary Bypass)

0 komentar:

Posting Komentar