Selasa, 21 Agustus 2012

Iran-Mesir Perbaiki Hubungan yang Terputus 3 Dekade


KAIRO-Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi memastikan Iran dan Mesir bergerak menuju pemulihan hubungan diplomatik yang terputus lebih dari tiga dekade.

Salehi mengatakan Teheran tertarik untuk menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan dengan Kairo. "Mesir adalah landasan bagi kawasan dan memiliki posisi khusus dalam hubungan negara-negara Arab dan negara-negara Muslim. Dan kami ingin hubungan persahabatan serta persaudaraan itu," kata Salehi. Dia menambahkan, Teheran berharap hubungan dengan Kairo kembali normal. "Kami akan mengejar jalan ini dan pemulihan hubungan tergantung hanya pada langkah protokol," katanya.

Salehi menambahkan, "Revolusi Mesir membuka bab baru dalam hubungan Mesir dengan dunia luar." Menurut dia, Republik Islam Iran menyambut Presiden Mesir Mohamed Mursi menghadiri KTT Gerakan Non-Blok di Teheran.

Teheran memutuskan hubungan diplomatik dengan Kairo pada 1980 setelah Revolusi Islam di Iran untuk memprotes terhadap perjanjian damai Mesir dan Israel pada 1979. Presiden Mesir saat itu Hosni Mubarak menganggap Iran sebagai faktor destabilisasi di Timur Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar