Minggu, 08 Juli 2012

Loa loa si Cacing Mata




Mungkin kalau Anda mendengar istilah filariasis, pasti yang terbayang dalam benak Anda pastilah penyakit kaki gajah. Namun, sebenarnya masih banyak sekali jenis filiariasis atau penyakit cacing darah yang tersebar di dunia ini, salah satunya jenis filiariasis yang unik berada di daerah Afrika dan India adalah, cacing mata yang disebabkan oleh cacing filaria jenis Loa loa, atau penyakit dikenal juga sebagai loaiasis.

Sama seperti jenis-jenis cacing filaria Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan yang lainnya yang menyebabkan penyakit kaki gajah, Loa loa pun transmisinya sama, namun bukan melalui gigitan nyamuk melainkan gigitan lalat, yaitu jenis lalat pada rusa dan lalat kuning yang gambarnya bisa dilihat di bawah ini:

Lalat rusa

Lalat kuning sedang menggigit manusia
Adapun yang menjadikan keunikan dari cacing Loa loa ini adalah, dimana selama masa siklus pertumbuhannya bisa masuk ke dalam jaringan sklera mata, namun hal ini tidak menyebabkan gangguan pada penglihatan dan hanya menimbulkan sensasi yang tidak nyaman pada penderitanya.



Jadi bila Anda ingin bepergian ke daerah India dan Afrika, pastikan Anda melindungi diri Anda dari gigitan serangga macam apapun terlebih lagi pada kedua jenis lalat yang telah disebutkan diatas, berhati-hatilah bila Anda tidak mau ada cacing yang bergerak di dalam mata Anda!

Sumber : 1. Schmidt, Gerald et al. "Foundations of Parasitology". 7th ed. McGraw Hill, New York, NY, 20052. http://www.dpd.cdc.gov/dpdx/HTML/Filariasis.htm

0 komentar:

Poskan Komentar